Penelitian ini dilatar belakangi dengan kurangnya memfokuskan perhatian pada hafalan Al-Qur’an dan tidak memiliki perencanaan dan tujuan dalam menghafal Al-Qur’an. Dengan adanya program tahfidz Al- Qur'an di MI Darul Hikmah Full Day School Kota Cirebon yang mewajibkan peserta didik untuk menghafal Al-Qur'an khususnya juz 29 dan 30 diharapkan peserta didik memiliki karakter profil pancasila khususnya karakter beriman, bertaqwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia dan juga mandiri. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa besar pengaruh program tahfidz Al-Qur’an terhadap profi pelajar pancasila di MI Darul Hikmah Full Day School Kota Cirebon. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian ex post facto. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh program tahfidz al-qur’an terhadap profil pelajar pancasila pada peserta didik kelas V MI Darul Hikmah Full Day School Kota Cirebon. Berdasarkan pada uji regresi linear sederhana menunjukan bahwa nilai Y = 4,898 + 0,711 X, dari hasil uji regresi linear sederhana menunjukan bahwa tingkat program tahfidz al-qur’an berbanding lurus dengan profil pelajar pancasila dan pada uji hipotesis pada uji kolerasi menunjukan bahwa nilai R2 = 0,180 atau 0,180 X 100% = 18% dan pada uji Sig thitung terhadap H1 menunjukan nilai  thitung sebesar 3,36 ˃ ttabel sebesar 1,72 dengan demikian H1 diterima dan H0 ditolak, dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa program tahfidz al-qur’an berpengaruh terhadap profil pelajar pancasila pada peserta didik kelas V MI Darul Hikmah Full Day School Kota Cirebon yaitu sebesar 18 %.
Copyrights © 2023