Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia
Vol. 1 No. 3 (2024): May

Upaya Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di SMPN 4 Sidoarjo

Rohmatulloh, Habib (Unknown)
Damashita, Florencya Agatha (Unknown)
Jannah, Fithri Annisaul (Unknown)
Trihantoyo, Syunu (Unknown)
Nuphanudin, Nuphanudin (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 May 2024

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui upaya yang dilakukan sekolah dalam meningkatkan kualitas guru melalui profesionalisme. Penelitian ini dilakukan di SMPN 4 Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara dengan kepala sekolah dan wali kelas sebagai narasumber. Berdasarkan penelitian ini, dapat dipahami bahwa pengembangan profesionalisme guru dapat dilakukan dengan berbagai cara. Profesionalisme guru dapat diukur melalui kepribadian, kemampuan pedagogik, dan kompetensi sosial. Guru sebagai pelaksana pembelajaran harus mampu memiliki kemampuan merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran. Peran kepala sekolah juga penting dalam meningkatkan profesionalisme guru. Kepala sekolah dapat melakukan supervisi dan mengevaluasi kinerja guru agar kinerja guru dapat lebih berkembang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ptk

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia (PTK) is a forum for researchers, students, and professionals who want to publish their writing or research. The focus and scope of Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia include: Assessment and Feedback Student Motivation and Engagement Higher ...