Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbantuan software Maple pada materi grafik fungsi trigonometri dan mengetahui bagaimana respon siswa terhadap media pembelajaran yang dihasilkan. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D). Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian pengembangan perangkat 4D (Four D Model) namun dibatasi hanya sampai tahap development dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelas X Excellent di MA Ma’arif Roudlotut Tholibin Metro Utara. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kualitas kevalidan media dari aspek materi memperoleh persentase 85% dengan kriteria sangat layak dan aspek media memperoleh persentase 83,50% dengan kriteria sangat layak. Sedangkan respon peserta didik memperoleh nilai 83% dengan kriteria sangat menarik, hal ini menunjukkan media yang dikembangkan mempunyai kriteria sangat menarik dan layak digunakan sebagai media dalam kegiatan belajar mengajar pada materi grafik fungsi Trigonometri di MA Ma’arif Roudlotut Tholibin Metro Utara di kelas X Excellent.
Copyrights © 2022