Arif: Jurnal Sastra dan Kearifan Lokal
Vol 3 No 2 (2024): Arif: Jurnal Sastra dan Kearifan Lokal

Iklan Rokok Sampoerna Go a Head: dari Komersial ke Edukatif

Wicaksono, Yoga Pradana (Unknown)
Macaryus, Sudartomo (Unknown)
Sudirman, Anselmus (Unknown)
Putri, Titis Kusumaningrum Witdaryadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Feb 2024

Abstract

Artikel ini bertujuan menjelaskan dinamika iklan rokok merespons pembatasan promosi produk berbahan tembakau. Di Indonesia, tema produk iklan rokok cenderung pada upaya mengedukasi masyarakat. Penelitian wacana ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan data berupa satuan lingual lisan dan tulis pada iklan rokok Sampoerna Go A Head, bertema “Kecil buat lo, besar buat semua”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa wacana iklan rokok ini menampakkan kecenderungan isi yang bersifat edukatif khususnya berkaitan dengan isu kebersihan lingkungan. Formulasi ajakan untuk menjaga kebersihan lingkungan disampaikan secara tidak langsung dengan pola ungkapan berulang. Informasi verbal lisan dan tulis didukung unsur nonverbal yang mengikuti dan bersifat fungsional.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

arif

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal ARIF bertujuan menyediakan ruang publikasi bagi peneliti bidang humaniora dalam konteks budaya Indonesia. Publikasi difokuskan pada kajian budaya, sastra, dan kearifan lokal yang meliputi bidang sosial, seni, bahasa, politik, ritual, tradisi lisan, mitos, dan identitas kelolakan Nusantara. ...