Ibtida'i : Jurnal Kependidikan Dasar
Vol 11 No 1 (2024): Juni 2024

Pengaruh Model Predict Observe and Explain (POE) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah

Anggraeni, Tevia (Unknown)
Mangkuwibawa, Hilman (Unknown)
Rahman, Alvin Yanuar (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini dimotivasi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa. Rendahnya kemampuan berpikir kritis disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari kesulitan beradaptasi dengan perubahan pembelajaran terpadu, proses pembelajaran yang kurang bermakna, kurangnya stimulus pada awal pembelajaran di mana semua faktor ini disimpulkan dalam penggunaan model pembelajaran yang tidak tepat hingga rendahnya keterampilan berpikir kritis siswa. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan pembelajaran yang lebih interaktif untuk mendorong keterampilan berpikir kritis siswa, salah satunya adalah model Predict, Observe, and Explain (POE). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa di kelas yang mendapatkan model POE dan model PBL. Penelitian ini menggunakan metode Quasi-Eksperimental. Teknik pengumpulan data melibatkan tes, deskripsi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan kemampuan berpikir kritis antara siswa yang mendapatkan model pembelajaran Predict, Observe, and Explain (POE) dibandingkan dengan model Problem Based Learning (PBL).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ibtidai

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

IBTIDA’I merupakan Jurnal hasil penelitian mahasiswa dan dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. ...