Ibtida'i : Jurnal Kependidikan Dasar
Vol 11 No 1 (2024): Juni 2024

Studi Komparasi antara Strategi Pembelajaran Al-Quran Moving Class dan Static Class di SDIT

Safi'i, Ahmad (Unknown)
Fauzi, Muhammad Rofi (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membahas perbandingan antara strategi pembelajaran Al-Quran moving class dan static class di SDIT Salsabila 2 Klaseman Sleman, mengulas kelebihan dan kekurangan masing-masing. Penelitian merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan komparatif, yaitu membandingkan objek satu dengan lain. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, display data dan conclusion/verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran Al-Quran moving class dilakukan dengan cara peserta didik berpindah ke kelas lain yang masih dalam satu paralel kelas sesuai tingkatan mengajinya, sedangkan static class dilakukan dengan cara tetap di dalam kelas masing-masing meskipun tingkatan mengaji di kelas tersebut berbeda-beda. Kelebihan moving class adalah memudahkan guru dalam membimbing mengaji karena peserta didik dalam tingkatan yang sama, target lebih mudah terpenuhi, pembelajaran efektif dan peserta didik lebih akrab dengan guru atau peserta didik kelas lain

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ibtidai

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

IBTIDA’I merupakan Jurnal hasil penelitian mahasiswa dan dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. ...