Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh metode diskusi kelompok terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis oleh siswa dalam pembelajaran Matematika. Jenis penelitian adalah kuantitatif, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif melakukan uji sampel dengan melakukan pretes dan post test. Obyek penelitian berjumlah 17 orang siswa kelas IV di SDN 04 Karangbener  Kecamatan Bae Kabupaten Kudus pada Mata Pelajaran Matematika. Pengambilan data ini menggunakan analisis data berupa observasi,dan uji sampel dengan melakukan pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan nilai koefisien determinasi tentang variabel adalah 0,274. Hlal terlsebut mengartikan bahwa variabel peneraplan Metode Diskusi Kelompok Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melmberikan pelngaruh terhladap ketrampilan berpikir kritis Kata Kunci: Diskusi Kelompok, Pemecahan Masalah, Matematis  Abstract : The aim of this research is to find out how the group discussion method influences students' mathematical problem solving abilities in learning Mathematics. This type of research is quantitative, using a quantitative approach to test samples by conducting pretests and posttests. The research objects were 17 class IV students at SDN 04 Karangbener, Bae District, Kudus Regency in Mathematics Subjects. This data collection uses data analysis in the form of observation, and sample testing by conducting a pretest and posttest. The research results show that the coefficient of determination value regarding the variable is 0.274. This condition means that the variable of applying the Group Discussion Method to Students' Mathematical Problem Solving Abilities has an influence on critical thinking skills of 27.4%. Keywords: Group Discussion, Problem Solving, Mathematics
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024