Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PBL terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas x pada materi dinamika rotasi. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian non quivalent control group design. Populasinya seluruh peserta didik kelas X MIPA SMAN 1 Monta. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik purposive sumpling dengan kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan berupa model PBL dan kelas kontrol diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran konvensional. Pada saat sebelum dan sesudah perlakuan, kedua kelas diberi tes keterampilan berpikir kritis yang berjumlah 10 soal. Hasil tes awal dan tes akhir keterampilan berpikir kritis dianalisis homogenitas dan normalitasnya untuk melakukan uji hipotesis. Analisis uji hipotesis menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model PBL terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas X pada materi dinamika rotasi. Keywords: PBL, keterampilan berpikir kritis, dinamika rotasi.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024