Abstrak:Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan model pembelajaran Blended Learning berbantukan bahan ajar elektronik berbasis budaya lokal pesisir pada pembelajaran tematik untuk meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar dimasa pandemi covid 19 ini. Kegiatan penelitian ini melalui beberapa tahapan yaitu: (1) Memetakan sub tema dan kompetensi dasar pada tema peduli terhadap makhluk hidup pada kelas IV, (2) Mengidentifikasi indikator yang terintegrasi dengan budaya lokal pesisir pada setiap kompetensi dasar, (3) Menyusun satu perangkat silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan model pembelajaran Blended Learning berbantukan bahan ajar elektronik berbasis budaya lokal pesisir, (4) Mengembangkan bahan ajar elektronik berupa bahan tayang yang berbasis budaya lokal pesisir, (5) Menyusun penilaian elektronik dengan menggunakan google form, (5) Melakukan validasi model, bahan ajar dan instrumen oleh ahli teknologi dan strategi pembelajaran, (6) Merevisi model, bahan ajar dan instrumen. Hasil penelitian ini adalah telah dihasilkan satu perangkat model pembelajaran model pembelajaran Blended Learning berbantukan bahan ajar elektronik berbasis budaya lokal pesisir.
Copyrights © 2024