Jurnal Pengabdian Masyarakat AbdiMas
Vol 10, No 05 (2024): Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas

Strategi Branding bagi Pelaku UMKM Taman Toga Ngupoyo Sehat

Sekarningrum, Anggun Anindya (Unknown)
Lokita, Raden Arditya Mutwara (Unknown)
Azmi, Bela Fataya (Unknown)
Mulyatun, Sri (Unknown)
Vinanda, Rufki Ade (Unknown)
Santoso, Joko Dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2024

Abstract

Taman Toga Ngupoyo Sehat yang terletak Padukuhan Ngelosari, Piyungan sudah sejak lima tahun yang lalu mengembangkan budidaya tanaman sehat. Tempat budidaya sekaligus dipoles menjadi tempat nongkrong sembari menikmati minuman khas Taman Toga yakni jamu herbal yang diolah secara alami. Produk atau luaran yang dihasilkan tidak dapat dipandang sebelah mata. Padukuhan yang berperan produsen sekaligus pengelola masih terdapat kekurangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang sesuai. Produk UMKM ini berupa taman, tanaman obat dan jamu herbal yang masih belum dikenal secara luas. Program pelatihan dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas dan mutu SDM anggota UMKM Taman Toga guna meningkatkan pemasaran baik kunjungan dan penjualan produk jamu alaminya. Dalam kegiatan pengabdian Masyarakat ini, para pengurus dan juga pengelola diberikan seminar dan sosialisasi terkait pentingnya branding. Materi yang disampaikan terkait cara membangun brand yang tepat untuk UMKM sehingga diharapkan mampu menjadi jembatan atau menunjang peningkatan mutu dan kualitas SDM di Taman Toga. Tujuan pelatihan ini nantinya terdapat peningkatan kunjungan dan penjualan terkait produk dapat tercapai. Kata Kunci: branding, brand, UMKM, digital marketing, strategi.

Copyrights © 2024