PEDAGOGIKA
Vol 14 No 2 (2023): Vol 14 No 2 (2023): Oktober

Analisis Keterampilan Proses Sains Peserta Didik menggunakan Model Discovery Learning

Samputri, Salma (Unknown)
Arif, Rifda Nurhikmahwati (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan proses sains peserta didik kelas VII SMPN 18 Makassar dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning materi ekologi. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif Sampel yang digunakan sebanyak 19 peserta didik SMPN 18 Makassar. Data penelitian ini menggunakan instrumen berupa instrumen tes pilihan ganda yang sudah divalidasi oleh validator. Data dikumpulkan dengan teknik purposive sampling yang kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Indikator yang digunakan ada 6 indikator keterampilan proses sains dasar yaitu; mengobservasi, mengklasifikasi, memprediksi, mengukur, menyimpulkan, dan mengomunikasikan. Hasil penelitian diperoleh bahwa bahwa dengan menggunakan model discovery learning keterampilan proses sains peserta didik kelas VII SMPN 18 Makassar berada pada kategori sedang, hal ini terbukti dari skor rata-rata keterampilan proses sains peserta didik yakni 8,89. Kategori skor keterampilan proses sains peserta didik yang paling tinggi berada pada kategori tinggi dengan jumlah 7 orang dan persentase sebesar 37%, kategori sedang dengan jumlah 9 orang dan persentase sebesar 47%, kategori rendah dengan jumlah 3 orang dan persentase 16%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pedagogika

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

The PEDAGOGIKA with registered number ISSN p-2086-4469, ISSN e-2716-0580 is a collection of educational scientific articles, especially in the fields of educational sciences such as Educational Management, Guidance and Counseling, Primary/Elementary and Teacher Education, Early Childhood and Teacher ...