Jurnal Cerdik: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Vol. 3 No. 2 (2024): Jurnal Cerdik: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran

MEMPELAJARI BENCANA ALAM MELALUI PEMBELAJARAN IPS DI SD KELAS 1 TEMA 8 SUBTEMA 4 KURIKULUM 2013

ihsanudin, raisan (Unknown)
Indriani, Tania (Unknown)
Febrian, Muhamad (Unknown)
Rustini, Tin (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Ring of fire yang melewati Indonesia membuat Indonesia menjadi wilayah yang rentan mengalami gempa bumi, tidak hanya gempa bumi karakteristik Indonesia sebagai negara kepulauan pun membuat indonesia rentan terkena tsunami. Tulisan ini menjelajahi bagaimana Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dapat menjelaskan pengertian yang lebih mendalam tentang bencana alam. Selain itu, disajikan juga metode penelitian yang digunakan, yakni pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif, serta pembahasan mengenai analisis buku siswa kelas 1 tema 8 “Bencana Alam”. Tantangan dan peran guru dalam menjelaskan materi ini juga dibahas, termasuk bagaimana mereka dapat menciptakan lingkungan pembelajaran yang dinamis, menyediakan sumber belajar tambahan, dan menekankan pentingnya memahami bencana alam.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jurnalcerdik

Publisher

Subject

Humanities Education Other

Description

Topik artikel ilmiah yang akan diproses dan diterbitkan adalah bidang pendidikan dan pengajaran. Topik ini tidak dibatasi pada satu bidang pendidikan dan pengajaran saja, tetapi pada seluruh jenjang pendidikan dan pengajaran. Lingkup Topik Berdasarkan Tingkat Pendidikan: Pendidikan Anak Usia Dini ...