Journal of Innovation Research and Knowledge
Vol. 3 No. 10: Maret 2024

PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL KARYAWAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA CV. MAKMUR ABADI

Eko Murtisaputra (Program Studi Manajemen STIE Pembangunan Tanjungpinang)
Alfi Hendri (Program Studi Manajemen STIE Pembangunan Tanjungpinang)
Betty Leindarita (Program Studi Manajemen STIE Pembangunan Tanjungpinang)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana kecerdasan emosional karyawan memengaruhi kepuasan pelanggan pada CV. Makmur Abadi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode asosiatif. Sampel yang diambil sebanyak 34 responden menggunakan teknik sampel jenuh. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada responden dan melakukan studi literatur terkait. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana. Analisis ini meliputi uji parsial (uji t) dan uji koefisien determinasi (R). Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel (6,051 > 1,66216), dan nilai signifikansi kurang dari 0,05 (0,001 < 0,05). Berdasarkan hasil ini, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan dari variabel independen kecerdasan emosional (X) terhadap variabel dependen kepuasan pelanggan (Y) pada CV. Makmur Abadi. Dengan kata lain, kecerdasan emosional karyawan memiliki dampak yang signifikan terhadap tingkat kepuasan pelanggan di perusahaan tersebut

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIRK

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Health Professions Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Journal of Innovation Research and Knowledge, published by Bajang Institute. Published in two formats, print and online, print version of ISSN: 2798-3471 and the online version of ISSN: 798-3641, both of which are published every month. The scope of the journal studies broadly includes: Culture (a ...