Lingkungan kehidupan sosial menjadi indikator yang menentukan kualitas kepribadian individu. Teori Bronfenbrenner menyatakan bahwa kontribusi ekologi memiliki kedudukan yang penting dalam membentuk karakter generasi muda. Instansi pendidikan merupakan suatu upaya yang dilakukan dalam mendukung pembentukkan karakter generasi muda (peserta didik), terutama pada Madrasah Aliyah. Perhatian madrassah tidak hanya fokus pada kurikulum dalam mencapai tujuan tersebut, melainkan juga pada lingkungan peserta didik yang meliputi tenaga pendidik dan seluruh elemen yang berinteraksi dalam madrasah tersebut. Lingkungan madrasah yang memiliki karakteristik kompetensi maka akan berdampak dalam pembentukkan karakter kerja keras peserta didik. Dorongan untuk berkerja keras akan terbentuk dengan sendirinya pada setiap individu peserta didik. Maka peserta didik akan berupaya menyesuaikan diri dengan lingkungan interaksinya sesuai. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan di Marasah Aliyah Negeri 1 Kerinci dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh tersebut kemudian di analisis dengan menggunakan tahap, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini diperoleh hasil bahwa ekologi pendidikan Madrasah memiliki peran dalam membentuk karakter kerja keras pada peserta didik. Keterlibatan berbagai komponen tidak dapat terlepas dalam upaya pembentukkan karater peserta didik di MAN 1 Kerinci. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang berkontirbusi dalam pembetukkan karakter kerja keras peserta didik pada ekologi madrasah.
Copyrights © 2023