Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat
Vol. 4 No. 2 (2023): Desember

PERAN TUTOR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA PROGRAM KESETARAAN PAKET C DI PKBM MAHAKAM JAYA

Iyosri Sushana Purba (Unknown)
Hepy Tri Winarti (Unknown)
A. Ismail Lukman (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2023

Abstract

Dalam dunia Pendidikan, motivasi belajar mempunyai peranan penting untuk mencapai keberhasilan belajar. Keberhasilan belajar yang tinggi akan dapat diraih apabila ada keinginan belajar. Keinginan itu akan muncul apabila ada dorongan motivasi baik dalam diri warga belajar atau luar dalam diri warga belajar. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Peran tutor dalam meningkatkan motivasi belajar program paket C di PKBM Mahakam Jaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif didasarkan pada data yang diperoleh melalui: Observasi, Wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tutor telah menjalankan perannya yaitu sebagai pemberi informasi dan inovasi kepada warga belajar. Tutor sebagai organisator, yaitu mengorganisasikan sumber belajar untuk memilih media belajar yang tepat untuk digunakan sebagai bahan pembelajaran. kemudian sebagai pemberi motivasi kepada warga belajar agar memiliki semangat belajar dan dapat mengembangkan diri secara optimal. Selanjtnya tutor mengarahkan warga belajar sesuai minat belajarnya dengan mencapai tujuan belajar dan membuat ide-ide bagaimana agar proses pembelajaran di dalam kelas selalu berjalan baik. Tutor juga mengoptimalkan pembelajaran walaupun kadang terdapat beberapa hal yang menjadi kendala saat akan dilaksanakannya proses belajar mengajar. Serta berperan sebagai fasilitator yang menarik perhatian warga belajar dalam proses belajar dengan menyediakan berbagai fasilitas untuk warga belajar. Kemudia berperan sebagai mediator yaitu mengefektifkan proses kegiatan belajar mengajar dengan pemahaman yang cukup tentang media pendidikan. Terakhir tutor berperan sebagai evaluator yang memberi nilai pada hasil pekerjaan warga belajar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ls

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan dan Pemberdayaan masyarakat adalah jurnal yang memuat hasil-hasil penelitian tentang isu impelementasi Corporate Social Responsibility kaitannya dengan peningkatan kapasitas masyarakat, Pendidikan Nonformal, Pemberdayaan Masyarakat, dan Pendidikan Masyarakat ...