Journal Cerdas Mahasiswa
Vol 5, No 2 (2023)

METODE SPEED READING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN

Septiana, Nyangfah Nisa (Unknown)
Zulfahmi, Zulfahmi (Unknown)
Frasandy, Rendy Nugraha (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini membahas tentang keterampilan membaca pemahaman peserta didik yang belajar dengan metode speed reading di kelas V SDN 21 Limau Sundai. Dalam pembelajaran membaca masih terdapat keterampilan membaca pemahaman yang tergolong rendah. Berdasarkan penelitian relevan permasalahan tersebut dapat diatasi dengan perbaikan menggunakan penerapan metode speed reading. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan melihat perbedaan signifikan antara keterampilan membaca pemahaman peserta didik yang menggunakan metode speed reading dengan membaca nyaring. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan jenis penelitian kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan uji prasyarat dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis uji ―t‖ dengan pengolahan data menggunakan SPSS diperoleh signifikan α < 0,05 yaitu 0,005 ttabel yaitu 2,942 > 2,009, maka Ha diterima dan H0 ditolak. Dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan antara keterampilan membaca pemahaman peserta didik yang menggunakan metode speed reading dengan membaca nyaring dan dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman. Dari hasil ini diharapkan pendidik dapat menggunakan metode speed reading sebagai alternatif metode pembelajaran membaca.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

cerdas

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Journal Cerdas Mahasiswa diterbitkan pertama kali januari 2009 oleh Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang dengan nama jurnal Cerdas. Journal Cerdas Mahasiswa mulai tahun 2019 terbit dua kali setahun pada bulan Mei dan Oktober. Journal Cerdas Mahasiswa mulai volume 3 no 1 sudah ...