Penelitian ini membahas tentang keterampilan membaca pemahaman peserta didik yang belajar dengan metode speed reading di kelas V SDN 21 Limau Sundai. Dalam pembelajaran membaca masih terdapat keterampilan membaca pemahaman yang tergolong rendah. Berdasarkan penelitian relevan permasalahan tersebut dapat diatasi dengan perbaikan menggunakan penerapan metode speed reading. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan melihat perbedaan signifikan antara keterampilan membaca pemahaman peserta didik yang menggunakan metode speed reading dengan membaca nyaring. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan jenis penelitian kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan uji prasyarat dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis uji ―t‖ dengan pengolahan data menggunakan SPSS diperoleh signifikan α < 0,05 yaitu 0,005 ttabel yaitu 2,942 > 2,009, maka Ha diterima dan H0 ditolak. Dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan antara keterampilan membaca pemahaman peserta didik yang menggunakan metode speed reading dengan membaca nyaring dan dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman. Dari hasil ini diharapkan pendidik dapat menggunakan metode speed reading sebagai alternatif metode pembelajaran membaca.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023