Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui penerapan model Problem Based Learning dalam meningkatkan motivasi berwirausaha mahasiswa Pendidikan Teknik Elektronika Fakultas Teknik UNM; (2) mengetahui seberapa besar motivasi berwirausaha mahasiswa Pendidikan Teknik Elektronika Fakultas Teknik UNM; (3) mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap peningkatan motivasi berwirausaha mahasiswa Pendidikan Teknik Elektronika FT-UNM. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, menggunakan jenis penelitian survei. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 36 orang mahasiswa yang memprogramkan mata kuliah technopreneurship pada Program Studi Teknik Elektronika Terapan (D4). Teknik pengumpulan data menggunakan angket, sedangkan metode analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif persentase berupa regresi linier sederhana. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: satu, penerapan model Problem Based Learning berada pada kategori sangat baik dengan nilai rerata sebesar 90%; dua,  motivasi berwirausaha yang dimiiki mahasiswa Pendidikan Teknik Elektronika Fakultas Teknik UNM berada dalam kategori tinggi dengan nilai rerata sebesar 85%; tiga,  model Problem Based Learning berpengaruh positif terhadap peningkatan motivasi berwirausaha sebesar 80%, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan motivasi berwirausaha mahasiswa Pendidikan Teknik Elektronika FT UNM.  Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Motivasi Berwirausaha
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023