Jurnal Jendela Pendidikan
Vol. 4 No. 01 (2024): Jurnal Jendela Pendidikan: Edisi Februari 2024

Meningkatkan aspek-aspek perkembangan anak usia dini melalui permainan congklak: studi literatur

Trisnadewi, Benedicta Audrey Putri (Unknown)
Kumalasari, Ervina (Unknown)
Tobing, Elalita Rumondang (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Feb 2024

Abstract

Permainan tradisional congklak memiliki peran penting dalam perkembangan kognitif, motorik halus dan sosial emosional anak usia dini. Artikel ini bertujuan untuk memahami lebih dalam efektivitas bermain congklak dengan aspek-aspek perkembangan, seperti perkembangan kognitif, sosio-emosional, dan motorik halus pada individu. Melalui studi literatur, faktor-faktor yang mempengaruhi psikologi individu dalam konteks permainan congklak telah diidentifikasi. Hasil studi literatur menemukan bahwa permainan congklak efektif meningkatkan perkembangan kognitif, motorik halus dan sosial-emosional anak. Dapat disimpulkan bahwa permainan tradisional congklak dapat dianggap sebagai alat pembelajaran yang tidak hanya memberikan hiburan tetapi juga mendukung perkembangan psikologis anak.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JJP

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Jendela Pendidikan merupakan jurnal ilmiah yang dikelola oleh CV. Jendela Edukasi Indonesia dan merupakan jurnal yang menerbitkan artikel-artikel penelitian di bidang pendidikan. Jurnal Jendela Pendidikan terbit 4 kali dalam satu tahun yaitu bulan Februari, Mei, Agustus, November. Kami ...