SCIENCE : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika dan IPA
Vol. 4 No. 3 (2024)

VALIDITAS PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPAS MATERI SUMBER DAYA ALAM UNTUK SISWA KELAS IV SDN GAYAM 1

SINTA APRILIANA (Universitas Nusantara PGRI Kediri)
FARIDA NURLAILA ZUNAIDAH (Universitas Nusantara PGRI Kediri)
MUMUN NURMILAWATI (Universitas Nusantara PGRI Kediri)



Article Info

Publish Date
09 Aug 2024

Abstract

This research aims to determine the validity of the teaching materials of the Natural Resources material supplement book. The research method used is RnD (Research and Development). The development model used is 4D (Define, Design, Develop, Desseminate) with the subject of grade IV students of SDN Gayam 1. The data collection instruments used are observations, interviews, and questionnaires. The data analysis techniques used are qualitative descriptive and quantitative descriptive. The results obtained in this study are that the teaching materials of the Natural Resources Science for grade IV of SDN Gayam 1 have met the validity criteria, which are very valid with the percentage of material expert scores, which is 86.36% and the percentage of teaching material expert scores, which is 90% with an average of 88.18%. ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan bahan ajar buku suplemen IPAS materi Sumber Daya Alam yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan yaitu RnD (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan yaitu 4D (Define, Design, Develop, Desseminate) dengan subjek siswa kelas IV SDN Gayam 1. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini yaitu bahan ajar IPAS materi Sumber Daya Alam untuk kelas IV SDN Gayam 1 telah memenuhi kriteria kevalidan yaitu sangat valid dengan presentase skor ahli materi yaitu 86.36% dan presentase skor ahli bahan ajar yaitu 90% dengan rata-rata 88.18%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

science

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini berisi artikel hasil pemikiran dan penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam semua disiplin ilmu yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ...