Jurnal Basicedu
Vol. 8 No. 3 (2024)

Meningkatkan Minat Belajar Musik Nusantara Melalui Kartu Eksplorasi Kearifan Lokal QR-Code Di Sekolah Dasar

Solihin, Annas (Unknown)
Subrata, Heru (Unknown)
Ummah, Fiena Saadatul (Unknown)
Rodiyana, Roni (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jun 2024

Abstract

Kurangnya minat belajar siswa kelas IV dalam mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBDP) disebabkan oleh penggunaan media pembelajaran yang monoton dan kurang mengintegrasikan teknologi digital, padahal siswa menunjukkan antusiasme terhadap teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran kartu berbasis digital KAKELO-QR (Kartu Eksplorasi Kearifan Lokal Berbasis QR-Code), dirancang untuk meningkatkan minat belajar siswa terhadap materi eksplorasi kearifan lokal musik Nusantara. Research and Development adalah metode dalam penelitian ini dengan model ADDIE sebagai pedoman pengembangan. Hasil pengembangan media ini dikembangkan berdasarkan hasil analisis kebutuhan dan validasi oleh ahli materi dan media. Evaluasi efektivitas media dilakukan melalui pretes-postes dan uji paired sample t test, sementara praktikabilitas dievaluasi melalui angket respon guru dan siswa. Hasil menunjukkan bahwa KAKELO-QR memiliki tingkat validitas yang tinggi, efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa, dan praktis dalam penggunaannya. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa KAKELO-QR dapat menjadi alat yang efektif dan praktis dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, mengintegrasikan kearifan lokal dalam pembelajaran, serta mendorong minat belajar dan kreativitas siswa dalam konteks pembelajaran SBDP

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...