Sosio e-kons
Vol 16, No 1 (2024): Sosio e-Kons

Peranan Progresivisme dalam Peningkatan Moralitas Siswa di Era 4.0

Ramdani, Irham (Universitas Indraprasta PGRI)
Ardianti, Tanti (Universitas Indraprasta PGRI)
Suharyati, Henny (Universitas Pakuan Bogor)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2024

Abstract

Progresivisme merupakan salah satu aliran filsafat pendidikan yang dapat digunakan sebagai dasar epistimologi bagi pengembangan pendidikan partisipasif, ada beberapa alasan yang mendasarinya. Pertama, bahwa progresivisme kurang menyetujui adanya pendidikan yang bersifat otoriter. Kedua, inti perhatian aliran ini adalah pada hasil kemajuan atau progress. Kemajuan dan sebuah progress yang tumbuh dalam ilmu pengetahuan maka itulah yang dipandang oleh progresivisme merupakan bagian utama dari kebudayaan. Ketiga, sebuah pengalaman dalam proses kemajuan adalah ciri dinamika hidup. Keempat, Progresivisme tidak cukup hanya mengakui buah pikiran atau ide, teori-teori, atau cita-cita sebagai hal yang konkrit, tetapi yang ada itu harus berarti bagi suatu kemajuan atau maksud-maksud baik yang lain. Kelima, progresivisme mewajibkan manusia untuk dapat memfungsikan jiwanya untuk bergerak dan mengelola hidup yang mempunyai banyak persoalan yang silih berganti. Penelitian ini merupakan penelitian metodologis studi literatur atau pencarian literatur Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisi bagaimana perana filsafat progresivisme dalam meningkatkan moraitas siswa di era 4.0 ini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sosio_ekons

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Sosio e-kons memuat berbagai artikel ilmiah meliputi Ilmu Sosial, Ekonomi, Sejarah dan Bimbingan Konseling. Semoga jurnal ilmiah ini memberikan kontribusi dalam diseminasi keilmuan Ilmu Sosial, Ekonomi, Sejarah dan Bimbingan dan Konseling sehingga memberikan manfaat teoritis bagi ilmuan dan manfaat ...