Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media science comic terhadap hasil belajar siswa pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Experimental Design dengan teknik Nonequivalent Control Group Design yang dilaksanakan di SMP Islam Darut Tauhid dengan populasi seluruh kelas VII.. Teknik pengambilan data menggunakan teknik non probability sampling dengan menerapkan sampling jenuh. Sampel yang digunakan yaitu 2 kelas, kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan teknik tes pilihan ganda untuk tes hasil belajar siswa. Teknik analisis data menggunakan uji t sampel bebas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh media science comic terhadap hasil belajar siswa pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan dengan taraf signifikan – t hitung = - 9.986 t tabel = 2.024 t hitung = 9.986. Berdasarkan nilai yang telah diperoleh menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Rata-rata tes hasil belajar siswa kelas eksperimen setelah diterapkan media science comic sebesar 92% dikategorikan sangat baik.
Copyrights © 2024