Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitasakan produk, keterbacaan, respons peserta didik, dan retensi peserta didik terhadap media e-module berbantuan cover song dengan model pembelajaran artikulasi pada materi sistem pernapasan. Penelitian ini dilaksanakan di MTsN Bangkalan pada bulan Maret 2024. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (RD) dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation and Evaluation). Adapun populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII dengan sampel terdiri dari kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dan VIIIB sebagai kelas kontrol. Teknik sampling yang digunakan adalah pusposive sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengukur retensi peserta didik berupa tes pilihan ganda. Hasil validasi media memperoleh skor 1 dengan kategori sangat valid. Hasil retensi kelas eksperimen sebesar 94,25% dengan kategori sangat baik dan kelas kontrol sebesar 81,09% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan adanya pengaruh media e-module berbantuan cover song dengan model pembelajaran artikulasi terhadap retensi peserta didik pada materi sistem pernapasan.
Copyrights © 2024