Natural Science Education Research (NSER)
Vol 5, No 2 (2022): Natural Science Education Research

IDENTIFIKASI PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR DI MTS AGUNG MULIA

Iswanto, Imas Hari (Unknown)
Retno Wulandari, Ana Yuniasti (Unknown)
Rendy Astid Putera, Dwi Bagus (Unknown)
Sutarja, Maria Chandra (Unknown)
Huzairi, Huzairi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2022

Abstract

Pemahaman konsep adalah proses berpikir dari seseorang untuk mengolah bahan belajar yang diterima pada saat pembelajaran sehingga menjadi bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pemahaman konsep siswa pada materi suhu dan kalor di MTs Agung Mulia. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda dua tingkat. Analisis data menggunakan statistik deskriptif yaitu rata-rata dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi suhu dan kalor dengan menggunakan tes pilihan ganda beralasan pada tes pertama berada pada kategori sangat rendah dengan rata-rata nilai 13,06. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep siswa pada materi kalor dan kalor masih sangat rendah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

nser

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Physics

Description

Natural Science Education Research atau NSER adalah sarana publikasi ilmiah yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Trunojoyo Madura. Publikasi yang meliputi artikel ilmiah hasil dari penelitian. NSER tebit 3 kali dalam satu tahun yang meliputi: 1) NSER Jorrnal yang terbit pada ...