Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran CBL terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa SMPN 2 Rejoso, Nganjuk pada materi Ekologi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian yaitu pretest posttest control group design. Populasi penelitian ini yaitu semua siswa kelas VII Tahun ajaran 2023/2024. Pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling jenis purposive sampling yang terdiri dari kelas VII B sebagai kelas kontrol dan kelas VII C sebagai kelas eksperimen dengan masing-masing sebanyak 25 siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi keterlaksanaan, tes kemampuan berpikir kreatif, dan angket respons siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen setelah penerapan model pembelajaran CBL sebanyak 72% mengalami peningkatan dengan kriteria tinggi dan 28% mengalami peningkatan kriteria sedang. Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa pada kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan nilai α 0,05, rata-rata persentase observasi keterlaksanaan pembelajaran sebesar 98,99% dengan kriteria sangat baik, dan hasil respons siswa terhadap pembelajaran sebesar 72,33% termasuk dalam kriteria baik.
Copyrights © 2024