Journal of Law, Education and Business
Vol 2, No 1 (2024): April 2024

Teknik Evaluasi Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Muhammadiyah 6 Karanganyar

Hamidah, Afifah Nur (Unknown)
Hafizah, Hafizah (Unknown)
Sukmawati, Sita (Unknown)
Inayati, Nurul Latifatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan teknik evaluasi pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Muhammadiyah 6 Karanganyar. Masalah utama melibatkan kurangnya minat siswa terhadap cerita masa lalu dalam mata pelajaran ini sehingga perlu adanya evaluasi untuk mengukur sejauh mana tujuan pengajaran Sejarah Kebudayaan Islam tercapai. Penelitian dilakukan pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotor. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan teknik evaluasi ranah kognitif melibatkan tugas, ulangan harian, ulangan tengah semester, dan ulangan akhir semester yang menggunakan tes obyektif pilihan ganda dan tes subyektif esai bebas serta tes lisan dengan quiz. Teknik ranah afektif melalui observasi sikap peserta didik, sementara ranah psikomotor menitikberatkan pada proyek, seperti pembuatan video terkait materi dan portofolio dengan pengumpulan karya kreatif. Kesimpulannya ada beragam metode evaluasi yang diterapkan guru Sejarah Kebudayaan Islam di sekolah ini, mencakup aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan peserta didik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jleb

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Journal of Law, Education, and Business dengan nomor terdaftar E-ISSN 2988-1242 (online) dan P-ISSN 2988-604X (Cetak) adalah jurnal akses terbuka ilmiah yang diterbitkan oleh CV Rayyan Dwi Bharata. JLEB bertujuan untuk mempublikasikan hasil penelitian asli dan review hasil penelitian tentang: 1. ...