Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an
Vol. 11 No. 1 (2024): ELEMENTARY SCHOOL (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ke-SD-an)

Hubungan Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa

Pendit, Sinta Satria Dewi (Unknown)
Thalib, Azizah (Unknown)
Magfirah, Delfia (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kompetensi kepribadian guru terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SDN 5 Labuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah korelasi (Correlational Studies) dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian berjumlah 20 responden yang diambil dengan menggunakan teknik sampling. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN 5 Labuan. Pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner (angket) dan lembar observasi. Analisis data menggunakan bantuan program SPSS 26 terdiri dari uji validitas dan reliabilitas penelitian dengan bantuan SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kompetensi kepribadian guru dengan motivasi belajar siswa. Hal ini terlihat dari perolehan nilai koefisien korelasi antara variabel kompetensi kepribadian guru terhadap motivasi belajar siswa sebesar 0,697 (tingkat hubungan tinggi) dengan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,001. Karena harga signifikasinya 0,001 < 0,05 dan 0,697 > dari, maka dapat dinyatakan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti ada hubungan yang siginifikan antara kompetensi kepribadian guru dengan motivasi belajar siswa kelas IV SDN Labuan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

es

Publisher

Subject

Education

Description

Elementary School : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran ke-SD-an published scientific paper of the research result and literature review in the scope of elementary education and learning. Elementary School : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran ke-SD-an publishes scientific writings from the literature ...