Tadris al-'Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban
Vol 2, No 2 (2023): Tadris Al-'Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban

Taṭbīq Wasīlati Chat GPT Fī Ta’līm Al- Qirāah Litarqiyati Qudrah Al- Ṭullāb ‘Alā Fahm Al-Nuṣūṣ Al-‘Arabiyyah

Kosim, Nanang (Unknown)
Yonan, Yonan (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis kemampuan siswa kelas 10 MA Miftahul Falah dalam memahami teks arab sebelum menggunakan media ChatGPT, menganalisis kemampuan siswa kelas 10 MA Miftahul Falah dalam memahami teks arab sesudah menggunakan media ChatGPT, menganalisis peningkatan kemampuan siswa kelas 10 MA Miftahul Falah sesudah menggunakan media ChatGPT, menganalisis dampak positif dan negatif penggunaan media ChatGPT dalam pembelajaran bahasa arab. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penellitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperiment. Peneliti menggunakan observasi, wawancara, tes dan studi pustaka untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan. Dan peneliti menggunakan analisis deskriptif, uji normalitas, uji t berpasangan dengan bantuan SPSS versi 26.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan siswa kelas 10 MA Miftahul Falah dalam memahami teks arab sebelum menggunakan media ChatGPT berada dalam level rendah, yang ditunjukan oleh nilai rata-rata yaitu 59,9. kemampuan siswa kelas 10 MA Miftahul Falah dalam memahami teks arab sesudah menggunakan media ChatGPT berada pada level sangat bagus yang ditunjukan oleh nilai rata-rata yaitu 83,2. Penerapan media ini berpengaruh positif terhadap kemampuan siswa dalam memahami teks arab sebesar 0,5866 artinya ada peningkatan sebesar 58,6644%. Jadi penerapan media ini cukup efektif. Media ini juga memberikan dampak positif dan dampak negatif ketika diterapkan sebagai media pembelajaran bahasa arab.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ta

Publisher

Subject

Arts Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Tadris Al-Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban is a peer-reviewed journal on Arabic education field and intended to communicate original research and current issues on the subject. It is published twice a year since 2022 (April and October) in press version and open journal ...