Jurnal Penelitian Tindakan Kelas
Vol. 2 No. 1 (2024): Jurnal Penelitian Tindakan Kelas (Mei)

Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Aplikasi Canva untuk Pemahaman Membaca Siswa

Azizah, Athiq Nur (Unknown)
Hidayatulloh, Rizky (Unknown)
Hasyim, Umar Alfaruq A. (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Apr 2024

Abstract

Pengembangan aplikasi media Canva untuk memahami bacaan siswa dapat mengatasi beberapa kesulitan dan menyeimbangkan pembelajaran. Penerapan Canva untuk membaca di kalangan siswa penting dilakukan karena bantuan media Canva memiliki beberapa manfaat, antara lain meningkatkan motivasi dan minat belajar dengan penekanan topik yang terkait dengan pemecahan masalah. Faktor lain dalam pembelajaran yang harus diperhatikan adalah hasil belajar dan motivasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah studi dan kreasi. Alih-alih menguji hipotesis, penelitian dan pengembangan (R&D) menghasilkan produk. Penelitian ini menggunakan model 4D untuk mendefinisikan, merancang, mengembangkan, dan mendeskripsikan. Penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pembelajaran membuat presentasi bacaan komprehensif menggunakan Canva mendapat respon positif dari siswa. Kami menyebarkan kuesioner untuk mengetahui tanggapan siswa mengenai penggunaan Canva sebagai media pembelajaran bacaan komprehensif. (2) Pembelajaran membaca komprehensif merupakan tantangan bagi banyak siswa, terutama siswa bahasa Inggris pada semester 4. (3) Peningkatan keterampilan membaca komprehensif memerlukan pendekatan yang kreatif dan inovatif. Dalam hal ini, aplikasi Canva terbukti membantu memfasilitasi pembelajaran tersebut secara menarik dan interaktif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

JPTK (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas) adalah jurnal peer-review yang diterbitkan empat kali setahun pada bulan MEI, SEPTEMBER, JANUARI. Jurnal tersebut berisi jurnal penelitian tindakan kelas pada jenjang PAUD, SD, SMP, SMA Jurnal ini memiliki akses terbuka yang artinya semua konten tersedia ...