Journal of Education Research
Vol. 4 No. 4 (2023)

Tinjauan Filosofis: Membangun Landasan Etika dan Pengetahuan dalam Filsafat Pendidikan Kontemporer

Susmita, Nelvia (Unknown)
Zaim, M (Unknown)
Thahar, Harris Effendi (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan tinjauan filosofis terhadap pembangunan landasan etika dan pengetahuan dalam filsafat pendidikan kontemporer. Dengan melibatkan perspektif sejumlah filsuf. Pendidikan dianggap sebagai investasi strategis dalam membentuk generasi masa depan, tetapi isu-isu seperti kurangnya integrasi nilai etika dalam kurikulum dan ketidakseimbangan prioritas masih menjadi tantangan. Metode penelitian kualitatif digunakan dengan fokus pada studi literatur, menggali berbagai pandangan filsafat pendidikan dan pendekatan kontemporer yang diterapkan dalam pengembangan keterampilan dan pengetahuan praktis. Sumber data utama berasal dari buku-buku filsafat pendidikan yang relevan dengan topik penelitian, serta artikel jurnal yang mendukung analisis filosofis terhadap paradigma pendidikan kontemporer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa filsafat pendidikan, sebagai landasan pemikiran dan moral pendidikan kontemporer, memainkan peran penting dalam membentuk karakter dan integritas siswa. Berbagai aliran filsafat pendidikan, seperti progresivisme, rekonstruksionisme, liberalisme, dan kritisisme, dijelaskan dalam konteks perkembangan keterampilan dan pengetahuan praktis. Pentingnya landasan etika dalam pendidikan terungkap melalui penerapan pendidikan karakter. Fokus pada nilai-nilai akhlak terpuji dan pengembangan keterampilan kritis dan kreatif menjadi landasan untuk menciptakan lingkungan pendidikan holistik. Isu-isu aktual, seperti perilaku dan etika guru, juga menjadi perhatian utama, menekankan pentingnya peran guru dalam membentuk karakter siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jer

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences

Description

Journal of Education Research is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state of the art knowledge in the field of education. This Journal is published for time per year at March, June, September and December by Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD ...