Teori-teori pendidikan dan aliran-aliran filsafat memberikan pengaruh besar terhadap dunia pendidikan, termasuk pembelajaran bahasa. Penelitian ini memaparkan sejauh apa pengaruh aliran-aliran filsafat itu melalui pendekatan-pendekatan filosofis terhadap pembelajaran bahasa di abad ke dua puluh satu. Pendekatan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kepustakaan. Data sekunder dikumpulkan dari berbagai sumber online yaitu buku, artikel, dan blog. Hasil yang dapat disimpulkan adalah bahwa aliran-aliran filsafat secara sadar ataupun tidak memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap pembelajaran bahasa abad ke dua puluh satu. Pengaruh ini salah satunya terlihat dalam pembelajaran Bahasa sebagai aplikasi dari teori behavioristik, kognitif, dan konstruktif. Penerapan teori-teori belajar dalam pembelajaran terlihat dalam bentuk metode, teknik, strategi, dan model pembelajaran.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023