Journal of Education Research
Vol. 5 No. 2 (2024)

The Dampak dan tantangan terhadap Transformasi kurikulum di Satuan Pendidikan

Dendodi, Dendodi (Unknown)
Nurdiana, Nurdiana (Unknown)
Astuti, Yayuk Dwi (Unknown)
Aunurrahman, Aunurrahman (Unknown)
Warneri, Warneri (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Apr 2024

Abstract

Transformasi kurikulum merujuk pada proses perubahan signifikan atau perubahan besar dalam isi, struktur, atau metode pengajaran suatu kurikulum pendidikan. Ini melibatkan revolusi atau reformasi substansial dalam cara materi diajarkan, bagaimana siswa dinilai, dan bagaimana proses pembelajaran dirancang dan dilaksanakan. Dalam penelitian ini akan ulas lebih mendalam tentang dampak dan tantangan terhadap perubahan kurikulum di satuan pendidikan dikarenakan transformasi kurikulum di Indonesia harus memberikan perubahan yang positif bagi pengalaman belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan studi kepustakaan dan wawancara pada sekolah yang ada SDN sebelas Delta Pawan, SDN dua puluh dua Delta Pawan, SMPN dua Ketapang dan SMPN tiga Ketapang. Semua sampel sekolah tersebut masuk di dalam populasi sekolah yang berada di ruang lingkup Dinas Pendidikan Kabupaten Ketapang. Dari hasil studi dan wawancara maka didapatkan dampak dan tantangan terhadap transformasi kurikulum dipandang dari tiga aspek pengangku kepentingan pendidikan yaitu siswa, guru dan kepala sekolah. Maka dari hasil penelitian tersebut didapatkan dampak terhadap transformasi kurikulum di Indonesia sangat besar terutama dalam pengembangan diri terkait dengan teknologi informasi dan penting bagi sekolah untuk terus meningkatkan pendekatan pembelajaran guna memperbaiki hasil belajar siswa. Sedangkan tantangan terhadap transformasi pendidikan adalah setiap siswa dan guru dituntut berperan aktif dalam segala aspek pembelajaran di sekolah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jer

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences

Description

Journal of Education Research is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state of the art knowledge in the field of education. This Journal is published for time per year at March, June, September and December by Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD ...