Kajian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan pemahaman materi kelas pembelajaran bahasa Indonesia, mahasiswa semester satu, periode 2023-2024 Universitas Airlangga melalui model pembelajaran provokatif-interaksial (PPI) dengan cara pengoptimalan artificial intelgent (AI) ChatGPT dalam menelusuri referensi saat diskusi. Fokus penelitian: 1) apakah penerapan model PPI dapat meningkatkan keaktifan mahasiswa Universitas Airlangga kelas bahasa Indonesia 2023-2024; 2) bagaimana cara mengoptimalkan ChatGPT dalam mencari referensi dalam diskusi mahasiswa Universitas Airlangga kelas bahasa Indonesia 2023-2024. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan (action research) dengan teknik pengumpulan data melalui: 1) studi dokumen (literatur review), 2) observasi (informasi data mahasiswa dan tes), 3) pencatatan. Subyek penelitian merupakan kelas PDB 09, mahasiswa Universitas Airlangga semester satu, 2023-2024 pada kelas mengajar bahasa Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) proses diskusi lebih aktif menggunakan model PPI; 2) argumentasi dalam diskusi dapat dipertanggungjawabkan melalui penelusuran referensi menggunakan ChatGPT.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023