Polinomial : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 3 No. 1 (2024): May 2024

Implikasi Teori Belajar Behaviorisme Ivan Pavlov Dalam Pembelajaran Matematika

Sulastri, Desi (Unknown)
Sudianto, Sudianto (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2024

Abstract

Belajar adalah suatu usaha untuk mengubah tingkah laku. Perubahan tersebut tidak hanya dengan bertambahnya ilmu pengetahuan, tetapi juga berbentuk kecakapan, keterampilan, sikap, penyesuaian diri, minat dan bakat. Namun masih banyak siswa yang kesulitan dalam proses belajar, sehingga tujuan belajar dan pembelajaran tidak tercapai dengan baik. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana implikasi Teori Belajar Behaviorisme Ivan Petrovich Pavlov dalam membentuk perilaku siswa pada pembelajaran matematika. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR). Pengumpulan data dilakukan dengan cara mendokumentasikan dan mereview 15 artikel jurnal yang diperoleh dari Google Scholar dan Garuda yang diterbitkan dalam kurun waktu 2016-2023. Hasil dari analisis data yang telah dilakukan menunjukkan bahwa dengan diterapkannya Teori Belajar Behaviorisme Pavlov dapat meningkatkan prestasi hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika, karena teori ini merupakan teori yang sederhana dan mudah diterapkan dikarenakan tidak banyak memperhatikan unsur. Teori belajar ini baik digunakan pada siswa yang masih anak-anak atau tingkat SD dan SMP.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Education

Description

Polinomial : Jurnal Pendidikan Matematika (ISSN : 2830-0378) is a scientific journal published by Papanda (Paguyuban Panalungtik Sunda). This aims to provide a national forum for researchers and professionals to share their ideas on all topics related to mathematics education, specifically focuses ...