Distribusi
Vol. 12 No. 1 (2024): Distribusi, March 2024

STUDI KELAYAKAN BISNIS AIR MINUM DALAM KEMASAN (AMDK) PDAM TIRTA ARDHIA RINJANI KABUPATEN LOMBOK TENGAH

Dakwah, Muhammad Mujahid (Unknown)
Abdurrahman, Abdurrahman (Unknown)
Mulyono, Lalu Edy Herman (Unknown)
Wafik, Ahmad Zaenal (Unknown)
Rinuastuti, Baiq Handayani (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Mar 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk analisis Studi Kelayakan Bisnis dari Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) PDAM Tirta Adhia Rinjani Kabupaten Lombok Tengah dengan menganalisis aspek finansial dan aspek non-finansial. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan kombinasi metode kuantitatif dan kualitatif. Pendekatan kuantitatif dengan mengumpulkan data dan informasi dengan kritis dan mengukur variabel yang selanjutnya dianalisis secara mendalam dengan keterlibatan data pendukung lainnya. Pendekatan kualitatif mengkaji secara mendalam sebuah fenomena faktual berdasarkan informasi dan fakta yang ada pada suatu peristiwa nyata, disertai dengan keterlibatan aspek-aspek lain yang mendukung penelitian. Hasil penelitian ini menemukan studi kelayakan investasi dari pendirian pabrik AMDK membutuhkan investasi sebesar Rp 6.200.000.000 termasuk didalamnya untuk pembelian peralatan produksi senilai Rp 1.100.000.000 dan total kebutuhan modal kerja untuk satu periode produksi (1 tahun) sebesar Rp 1.800.000.000. Analisis kelayakan investasi menggunakan kriteria investasi menunjukkan bahwa pendirian pabrik AMDK layak secara finansial dibuktikan dengan hasil NPV, IRR lebih besar dari tingkat bunga (27%) yang positif payback period yang relatif pendek (3,16 tahun).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

distribusi

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Industrial & Manufacturing Engineering Other

Description

PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jakarta Raya terus melakukan peningkatan pelayanan kepada pelanggan dengan melakukan pemasangan baru sesuai dengan waktu yang ditargetkan. Kecepatan pemasangan adalah salah satu faktor yang mempengaruhi pelayanan dan persepsi pelanggan terhadap perusahaan. PT ...