Jurnal Pendidikan Fisika FKIP UM Metro
Vol 12, No 1 (2024)

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS GAMIFICATION TERHADAP KEEFEKTIFAN BELAJAR SISWA MATERI IPAS

A'yun, Dya Qurotul (Unknown)
Mardiyana, Isna Ida (Unknown)
Haryemi, Ifa (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 May 2024

Abstract

Kemajuan dunia teknologi yang mendunia telah berpengaruh terhadap segala aspek kehidupan baik di bidang ekonomi, politik, kebudayaan, dan bahkan di dunia pendidikan. Guru perlu memahami bagaimana cara siswanya belajar dan mencarikan cara terbaik dengan memanfaatkan kemajuan teknologi. Gamification merupakan salah satu dari perkembangan teknologi yang bisa dimanfaatkan dalam pembelajaran. Proses pembelajaran tentu saja tidak dapat terlepas dari pemanfaatan bahan ajar. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kefektifan pemanfaatan teknologi gamification. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Berdasarkan hasil penelitian, untuk mengetahui keefektifan hasil belajar dengan menggunakan tes hasil belajar. Berdasarkan tes hasil belajar dilanjutkan dengan melaksanakan pengolahan data dan dianalisis dengan kriteria maka diperoleh nilai 82,68% dengan kriteria sangat efektif. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu Pengembangan bahan ajar berbasis gamification sangat efektif terhadap hasil belajar siswa.Kata Kunci: gamification, keefektifan, pengembangan

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

fisika

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan Fisika FKIP UM Metro or abbreviated JPF ( p-ISSN : 2337-5973 e-ISSN:2442-4838 ) is an integrated forum for communicating scientific advances in the field of physics and physics education. The journal reports significant new findings related to physics and education physics. JPF is ...