Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aplikasi tahsin digital dan motivasi baca al-Qur'an terhadap kemampuan tahsin tingkat madrasah ibtidaiyah di kecamatan Koto Kampar Hulu. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif, sampel penelitian ini adalah sebanyak 69 santri. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analis data menggunakan Regresi Linier dan Berganda.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Penggunaan Aplikasi Tahsin Digital  memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan tahsin tingkat madrasah ibtidaiyah di kecamatan Koto Kampar Hulu. Hal ini ditunjukkan dengan hasil t hitung lebih besar dari t tabel (62.230>1,66)  dengan nilai sig. 0,073 < 0,005. Dengan besar kontribusi 47%. motivasi membaca al-qur’an memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan tahsin tingkat madrasah ibtidaiyah di kecamatan Koto Kampar Hulu. Hal ini di tunjukkan dengan hasil t hitung lebih besar dari t tabel (54.165> 1,66) dengan nilai sig. 0,108 < 0,005.  Dengan besar kontribusi 38%.  Terdapat pengaruh signifikan penggunaan aplikasi tahsin digital dan motivasi membaca al-Qur’an Terhadap kemampuan tahsin tingkat madrasah ibtidaiyah di kecamatan Koto Kampar Hulu. Hal ini ditunjukkan dengan hasil nilai F hitung > F (2,430 > 2,35). dengan besar konstribusi 69%. Ini berarti sumbangan pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen sebesar 69%.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024