Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Al-Madrasah Vol. 8, No. 1 (Januari 2024)

Analisis Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru (Studi Kasus MIN 2 Musi Banyuasin)

Erwinsyah, Mardan (Unknown)
Shaleh, Shaleh (Unknown)
Ibrahim, Ibrahim (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jan 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji bagaimana kepala MIN 2 Musi Banyuasin menggunakan gaya kepemimpinannya untuk meningkatkan efektivitas kinerja guru. Tercapainya tujuan pendidikan yang bermutu sangat bergantung pada kinerja guru. Kemampuan kepemimpinan kepala madrasah mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar di kelas. Studi kasus dan metode kualitatif lainnya digunakan untuk menyusun penelitian ini. Wawancara mendalam, observasi partisipan, dan analisis dokumen digunakan untuk mengumpulkan data ini. Subjek penelitian ini adalah Kepala madrasah dan beberapa pendidik MIN 2 Musi Banyuasin. Tujuan kami melakukan penelitian ini adalah untuk mendapatkan wawasan tentang bagaimana gaya kepemimpinan kepala madrasah mempengaruhi efektivitas guru. Hasil penelitian Gaya kepemimpinan kepala madrasah mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru di MIN 2 Musi Banyuasin. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Gaya kepemimpinan transformasional, transaksional dan demokratis mempunyai dampak positif dalam mendorong kinerja guru di MIN 2 Musi Banyuasin. Dukungan berupa komunikasi efektif, pembinaan dan pengembangan profesional, motivasi dan pemecahan masalah juga berperan penting dalam meningkatkan kinerja guru.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

al-madrasah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Madrasah merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai Kalimantan Selatan yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan scope dan issue yang diangkat terkait dengan pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah ...