JPM: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT
Vol. 5 No. 1 (2024): Juli 2024

Pendampingan Pendampingan Penyusunan Modul Ajar dengan Pendekatan TaRL (Teaching at Right Level) di SDN

Falistya Roisatul Mar’atin Nuro (Unknown)
Dian Ika Kusumaningtyas (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2024

Abstract

Perubahan kurikulum yang berlaku saat ini dari kurikulum 2013 menjadi kurikulum Merdeka memberikan berbagai tantangan. Baik bagi sekolah maupun guru, perlu melakukan banyak penyesuaian dengan perubahan tersebut. Fakta yang ada di lapangan di salah satu sekolah di kota Malang, guru masih mengalami kesulitan dalam menyusun modul ajar yang sesuai dengan ketentuan kurikulum Merdeka. Selain itu, guru kurang dapat merancang pembelajaran yang dapat mengakomodasi semua jenis kemampuan peserta didik. Upaya mengatasi permasalahan mengenai tingkat atau level peserta didik yang belum sesuai dengan capaian yang diharapkan salah satunya dengan penerapan pendekatan yang dinamakan Teaching at The Right Level. Guru belum mendapatkan pelatihan terkait hal tersebut. Hal ini menyebabkan guru kesulitan dalam mengembangkan modul ajar yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan Pembelajaran . Oleh karena itu diperlukan pendampingan penyusunan modul ajar dengan menggunakan pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL). Tujuan kegiatan ini yaitu adanya peningkatan kemampuan guru dalam menyusun modul ajar yang dapat mengakomodasi semua jenis kemampuan peserta didik. Mitra pengabdian ini yaitu SDN Oro-Oro Dowo Kota Malang. Metode yang digunakan yaitu dengan melakukan pendampingan yang meliputi kegiatan workshop, pendampingan penyusunan modul ajar, implementasi, monitoring dan evaluasi. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini yaitu guru lebih memahami bagaimana proses penyusunan modul ajar, guru dapat menerapkan pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) dalam modul ajar yang disusun serta mengimplementasikan di kelas masing-masing.

Copyrights © 2024