Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 3 No. 3 (2023): November

Problem Based Learning Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geometri Analitik

Suwanto, Fevi Rahmawati (Unknown)
Hasratuddin (Unknown)
Fauzi, Kms. Muhammad Amin (Unknown)
Napitupulu, E. Elvis (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2023

Abstract

Geometri Analitik sebagai salah satu mata kuliah wajib program studi Pendidikan Matematika. Penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama dua siklus ini bertujuan untuk memperbaiki proses dan hasil belajar Geometri Analitik mahasiswa program studi Pendidikan Matematika Universitas Negeri Medan. Penelitian melibatkan 36 mahasiswa yang dilaksanakan pada semester ganjil tahun akademik 2023/2024. Data penelitian diperoleh melalui tes hasil belajar Geometri Analitik dan pengamatan langsung berupa catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran yang dilakukan dengan menerapkan Problem Based Learning berbantuan GeoGebra dapat memperbaiki proses dan hasil belajar Geometri Analitik mahasiswa program studi Pendidikan Matematika Universitas Negeri Medan. Analytical Geometry is one of the mandatory subjects in the Mathematics Education study program. Classroom action research carried out over two cycles aims to improve the Analytical Geometry learning process and outcomes of students in the Mathematics Education study program at Medan State University. The research involved 36 students which was carried out in the odd semester of the 2023/2024 academic year. Research data was obtained through Analytical Geometry learning results tests and direct observations in the form of field notes. The results of the research show that learning carried out by applying Problem-Based Learning with the help of GeoGebra can improve the Analytical Geometry learning process and outcomes of students in the Mathematics Education study program at Medan State University.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

plusminus

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika (p-ISSN: 2798-2904 & e-ISSN: 2798-2798) mempublikasikan artikel ilmiah hasil penelitian dalam bidang pendidikan matematika yang belum pernah dipublikasikan. Penulis dapat berasal dari berbagai level, seperti mahasiswa (S1, S2, S3), guru, dosen, praktisi, ...