Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar (JPPSD)
Vol 4, No 1 (2024): Juli

Pengaruh Model Project Based Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD Kartiak XIII-1 Ambon

Solissa, Welmi (Unknown)
Ritiauw, Samuel Patra (Unknown)
Johannes, Nathalia Yohana (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap motivasi belajar siswa kelas IV di SD Kartika XIII-I Ambon. Pendekatan peneletian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan Metode penelitian yang digunakan adalah eksperiment dengan pret-test dan post-test. Pembahasan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif signifikan antara penggunaan model pembelajaran tersebut dengan motivasi belajar siswa. Data dari uji validitas dan reliabilitas menegaskan kevalidan dan keandalan instrumen yang digunakan. Nilai Cronbach's Alpha yang tinggi menunjukkan konsistensi internal dalam pertanyaan kuesioner. Hasil analisis menunjukkan bahwa selama penelitian, model pembelajaran Project Based Learning telah meningkatkan partisipasi aktif siswa, tanggung jawab, kerjasama, dan motivasi di antara mereka, serta menyajikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan bermakna.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jppsd

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL INI MENERBITKAN HASIL PENELITIAN DALAM BIDANG PENDIDIKAN DASAR BAIK TERKAIT PEMBELAJARAN, MODEL PEMBELAJARAN, PENDEKATAN PEMBELAJARAN, STRATEGI PEMBELAJARAN, EVALUASI PEMBELAJARAN DAN METODE DALAM PEMBELAJARAN SEKOLAH ...