Pondok pesantren Muhammadiyah bercirikan mengintegrasikan pendidikan sekolah umum dengan pendidikan pesantren. Mencapai mutu pendidikan diperlukan kepemimpinan, kemampuan, kepercayaan dan kebijakan strategis mengelola lembaga pendidikan. Tujuan penelitian menganalisis kepemimpinan dan kebijakan strategis terhadap mutu pendidikan di lembaga pendidikan Islam. Penelitian menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif dengan pendekatan studi kasus di Muhammadiyah Boarding School (MBS) Kota Serang. Data bersumber dari observasi, wawancara dan kajian pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan strategis yang tepat diterapkan MBS Kota Serang adalah memanfaatkan khususnya strategi kekuatan dan peluang untuk meningkatkan kualitas kepemimpinan, kebijakan strategis dan mutu pendidikan progresif dari periode sebelumnya. Adanya kebijakan strategi dengan kekuatan dan peluang menunjukkan bahwa MBS Kota Serang mengambil langkah-langkah untuk penguatan strategi dengan mencarikan sumber pendanaan yang baru, meningkatkan kepercayaan kepada masyarakat dengan sosialisasi yang lebih luas, meningkatkan kualitas kepemimpinan dan anggaran serta meningkatkan sumber daya dan insentif yang perlu di fokuskan pada lima tahun ke depan sebagai penguatan visi dan misi pesantren. Implikasi penelitian dengan kepemimpinan dan kebijakan strategis yang tepat akan mencapai mutu pendidikan.
Copyrights © 2024