Jurnal Prakarsa Paedagogia
Vol 6, No 1 (2023): Juni 2023

Kolaborasi Kurikulum Merdeka dan Kurikulum Terpadu di SDIT Al Islam Kudus

Salma, Rafida (Unknown)
Fakhriyah, Fina (Unknown)
Riswari, Lovika Ardana (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini dilakukan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data adalah penjodohan pola, pembuatan eksplanasi, dan analisis deret waktu. SDIT Al Islam Kudus menerapkan kurikulum merdeka bersamaan dengan kurikulum pendidikan terpadu yang telah diterapkan sebelumnya. Kurikulum merdeka dan kurikulum terpadu memiliki kesamaan pada pembelajaran yang terintegrasi, berbasis proyek, student centered, kontekstual, esensial, dan akuntabel. Kurikulum merdeka hadir untuk menjawab tantangan pendidikan dalam menyiapkan generasi bangsa yang berwawasan luas, mandiri, peduli dengan lingkungan sekitar, dan bermanfaat bagi sesama dan memberikan pembelajaran yang terintegrasi serta menyiapkan generasi yang berkarakter Islam.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JKP

Publisher

Subject

Education

Description

iterbitkan sebagai media publikasi dan desiminasi hasil penelitian dan karya ilmiah di bidang Pendidikan baik dari Mahasiswa dan Dosen untuk memperkaya khasanah keilmuan pendidikan menuju tercapainya generasi emas ...