Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP)
Vol. 14 No. 2 (2024): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMP DWIJENDRA DENPASAR

Welhelmince Umbu Pati (Unknown)
Desak Nyoman Budiningsih (Unknown)
I Made Diarta (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2024

Abstract

Pembelajaran yang berkualitas dan menyenangkan di sekolah merupakan suatu proses yang sangat penting untuk menciptakan suasana nyaman dalam menjalankan kegiatan pembelajaran bersama peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar peserta didik di SMP Dwijendra Denpasar. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi eksperimental). Rancangan penelitian Control Group Pretest and Posttest Design. Penelitian ini dilakukan di SMP Dwijendra Denpasar dan dilaksanakan pada 16 Aptil-3 Mei Tahun ajaran 2023/2024. Sampel di pilih  secara acak (random cluster).  Didapatkan sebagai sampel kelas eksperimen yaitu  peserta didik di kelas VIII D dan peserta didik kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian berdasarkan uji  independent sample test,  didapatkan nilai sangat signifikan sebesar 0,001**(0,001 < 0,01), ini berarti bahwa pembelajaran tipe kooperatif tipe Jigsaw berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik, dimana Ho ditolak dan Ha diterima, hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik. Dilihat dari nilai mean atau rata-rata dari pembelajaran kelas kontrol bernilai 62,7705 dan lebih kecil dibandingkan dengan nilai dari kelas eksperimen yaitu sebesar 69,9300. Berdasarkan hasil ini menunjukkan bukti bahwa rata-rata nilai hasil belajar pada kelas eksperimen memiliki peningkatan yang lebih baik  dibanding pada kelas kontrol, sehingga dapat dinyatakan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JSP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) adalah jurnal yang memuat publikasi berupa hasil penelitian dan kajian pustaka dalam bidang pendidikan. JSP diterbitkan sejak Januari 2011 oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mahasaraswati Denpasar. JSP terbit dua kali setahun pada bulan Januari, ...