Pengawasan orangtua suatu harus dilakukan oleh setiap orangtua terutama dalam pemanfaatan internet, pengawasan yang baik akan menghasilkan kegunaan yang baik. Faktanya saat ini siswa mengakses internet tidak didampingi keluarganya. Oleh karena itu, pengawasan yang baik sangat dibutuhkan dari orangtua agar siswa tidak terpengaruh pada hal yang negatif terkait penggunaan internet sebagai media pembelajaran fiqih. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengawasan orangtua kepada anaknya dalam memanfaatkan internet sebagai sumber belajar dalam menyelesaikan tugas pada mata pelajaran fiqih dari sekolah. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan metode penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat keberagaman bentuk pengawasan orangtua mengawasi anak-anak mereka menggunakan internet sebagai sumber belajar dalam rangka mengerjakan tugas mata pelajaran fiqih dari sekolah, diantaranya adalah membatasi dan memperingati anak-anaknya, menyuruh orang yang lebih dewasa untuk mendampingi mereka karena orangtua tidak memiliki waktu yang cukup karena faktor pekerjaan, dan yang terakhir adalah mendampingi sendiri dengan membantu mereka mengerjakan tugas sambil mengajarkan tatacara mengakses internet.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024