Jurnal Abdimas Indonesia : Jurnal Abdimas Indonesia
Vol. 4 No. 3 (2024): Juli-September 2024

Edukasi Pemanfaatan Tiktok Duet Sebagai Media Belajar Bahasa Inggris Mandiri Bagi Guru-Guru MAN Insan Cendekia Palu

Afrillia Anggreni (Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, FKIP, Universitas Tadulako, Palu, Indonesia)
Rofiqoh Rofiqoh (Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, FKIP, Universitas Tadulako, Palu, Indonesia)
Maf’ulah Maf’ulah (Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, FKIP, Universitas Tadulako, Palu, Indonesia)
Desrin Lebagi (Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, FKIP, Universitas Tadulako, Palu, Indonesia)
Anjar Kusuma Dewi (Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, FKIP, Universitas Tadulako, Palu, Indonesia)
Andi Patmasari (Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, FKIP, Universitas Tadulako, Palu, Indonesia)



Article Info

Publish Date
16 Sep 2024

Abstract

Madrasah Aliah Negeri Insan Cendekia Palu (MAN IC) merupakan salah satu lembaga pendidikan yang mana sangat gencar memotivasi guru-guru mereka untuk mampu berkomunikasi Bahasa Inggris sebagai bentuk adaptasi terhadap perkembangan Industri 4.0 dan menuju Industri 5.0. Namun demikian sebagai seorang pendidik mereka dihadapi banyak rintangan. Dengan banyaknya tugas atau kewajiban disekolah cukup sulit untuk mereka membagi waktu untuk belajar dilembaga kursus. Oleh karena itu, kami sebagai tim pengabdian kepada masyarakat (PkM), terdiri dari dosen dan mahasiswa, bermaksud untuk melaksanakan pelatihan pemanfaatan aplikasi TikTok sebagai media belajar bahasa Inggris Mandiri. Adapun kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris guru-guru MAN IC dan kemampuan memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran. Adapun tahapan dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian ini adalah (1) Pengenalan Fitur aplikasi TikTok Duet (2) Pelatihan Pemanfaatan aplikasi. (3) Pembuatan Video percakapan dengan menggunakan aplikasi tiktok duet. (4) Sharing dan Pemberian feedback. Dari hasil observasi diperoleh hasil bahwa guru-guru sangat antusias dan termotivasi untuk meningkatkan keterampilan berbicara mereka dengan menggunakan aplikasi tiktok duet. Hal ini dibuktikan dengan aktifnya mereka mencari dan berlatih berbicara dengan video yang dibuat oleh pembicara asli (native speaker) maupun yang dibuat oleh mereka sendiri kemudian mengunggah video tersebut di akun tiktok mereka. Ini juga didukung dari hasil kuesioner yang didistribusikan ke peserta. Mereka menkonfirmasi respon yang sangat positif terhadap penggunaan tiktok duet yang mana mereka berpendapat bahwa tiktok duet mampu meningkatkan keterampilan, motivasi dan kepercayaan diri mereka dalam berbicara bahasa Inggris.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jai

Publisher

Subject

Religion Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Other

Description

JAI: Jurnal Abdimas Indonesia (ISSN 2797-2887) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Perkumpulan Dosen Muslim Indonesia. Jurnal Abdimas Indonesia adalah jurnal yang bertaraf Nasional yang menerbitkan artikel tentang pengabdian kepada masyarakat dalam perspektif multidisiplin ilmu. Jurnal ini ...