An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam
Vol 4 No 1 (2024): Mei-Agustus

EVALUASI PROGRAM TAHFIDZ KURIKULUM UTRUJAH MENGGUNAKAN MODEL CIPP PADA SEKOLAH ISLAM MARKAZ ASHABUL QUR’AN

Yenni Fitriani (Unknown)
Darul Ilmi (Unknown)
Supratman Zakir (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi program Tahfidz Kurikulum Utrujah di Sekolah Islam Markaz Ashabul Qur’an menggunakan Model CIPP (Context, Input, Process, Product). Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan pendekatan evaluasi Model CIPP (Context, Input, Process, Product) untuk mengevaluasi program Tahfidz Kurikulum Utrujah di Sekolah Islam Markaz Ashabul Qur’an. Metode R&D dipilih untuk tidak hanya mengevaluasi program yang ada tetapi juga untuk mengembangkan rekomendasi perbaikan yang dapat diimplementasikan dalam program Tahfidz tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Program Tahfidz Kurikulum Utrujah di Sekolah Islam Markaz Ashabul Qur’an berhasil mencetak generasi hafidz Al-Qur'an dengan prestasi akademik yang baik. Meskipun dihadapi tantangan seperti variasi kemampuan siswa dan keterbatasan waktu, program ini didukung oleh lingkungan yang pro-pendidikan Islam dan dukungan kuat dari keluarga. Kurikulum yang terstruktur baik mendukung proses hafalan dan pemahaman ayat-ayat Al-Qur'an dengan materi pembelajaran yang kuat dan kualifikasi guru yang memadai. Metode pengajaran yang beragam dari tradisional hingga modern serta manajemen waktu yang efektif menjadi kunci kesuksesan dalam program ini. Evaluasi berkala dan bimbingan individual membantu memantau kemajuan siswa, sementara dampak positif terlihat dalam perkembangan karakter dan spiritualitas siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

an-nahdlah

Publisher

Subject

Religion Education

Description

An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam which focuses on issues related to the field of Islamic Education. We invite lecturers, students, researchers, practitioners, and observers in the field of Islamic Education to publish their manuscripts that have never been published in other media, which focus ...