Socio Scientific Issues (SSI) merupakan pendekatan yang dapat digunakan untuk menstimulus cara berpikir kritis siswa pada pembelajaran sains, terutama pembelajaran kimia. Pendekatan ini dapat diintegrasikan dalam Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) untuk melatih siswa berfikir kritis dan mencapai tujuan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tanggapan guru kimia dan siswa kelas XII Sekolah Menengah Atas (SMA) terhadap analisis kebutuhan pengembangan LKPD Berbasis Socio Scientific Issues pada materi Asam Basa. Metode penelitian yang digunakan berupa metode survei dengan menggunakan instrumen penelitian angket atau kuisioner. Instrumen penelitian ini diisi melalui google form yang terdiri dari beberapa pertanyaan atau pernyataaan tertulis yang harus dijawab oleh responden. Subjek penelitian yang digunakan adalah guru kimia dan siswa kelas XII SMA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar guru dan siswa belum mengenal mengenai pendekatan socio-scientific issue dalam pembelajaran kimia. Namun sebagian besar guru dan siswa setuju terhadap dikembangkannya LKPD pada materi Asam Basa yang mendukung untuk menstimulus keterampilan berpikir kritis dan pembelajaran kimia yang bermakna
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024