Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 8 No. 4 (2023): November

Analisis Kesulitan Guru Kelas IV dan V Dalam Menyusun Soal HOTS Pada Mata Pelajaran IPAS di SDN 2 Perampuan

Hulaipah, Atikatul (Unknown)
Syukri, Muhammad (Unknown)
Indraswati, Dyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan guru kelas IV dan V dalam menyusun soal HOTS pada mata pelajaran IPAS di SDN 2 Perampuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas IV dan guru kelas V SDN 2 Perampuan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data dari Milles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat kesulitan guru dalam menyusun soal HOTS diantaranya guru kesulitan memahami konsep soal HOTS, kesulitan merumuskan soal yang berbasis HOTS, kesulitan mengembangkan soal HOTS, kesulitan menghubungkan HOTS dan tujuan pembelajaran, kesulitan memahami standar penilaian soal HOTS, kurangnya dukungan sumber daya dan pelatihan, pengaruh kualifikasi dan pengalaman, dan kesulitan menyesuaikan dengan kurikulum dan kemampuan siswa. Upaya untuk mengatasi masalah adalah dengan cara sekolah menyelenggarakan pelatihan menyusun soal HOTS, menyediakan buku dan modul soal HOTS yang sesuai dengan kompetensi dan indikator.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...