Tujuan dari pelaksanaan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pengaruh kesiapan belajar mandiri matematika dilihat dari hasil belajar mahasiswa; (2) Pengaruh self-efficacy mahasiswa dilihat dari hasil belajar mahasiswa; (3) Pengaruh kesiapan belajar mandiri matematika dan self-efficacy mahasiswa secara bersama-sama terhadap hasil belajar mahasiswa. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 30 orang mahasiswa Pendidikan Matematika. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan penelitian ex-post facto. Teknik pengumpulan data pada variable kesiapan belajar matematika dan self-efficacy mahasiswa menggunakan angket dan hasil belajar mahasiswa menggunakan Nilai Ujian Tengah Semester (UTS). Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji F melalui analisis regresi, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas, uji linieritas dan uji multikolonieritas. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat pengaruh signifikan kesiapan belajar mandiri matematika mahasiswa terhadap hasil belajar matematika dengan koefisien korelasi parsial sebesar 0,372; (2) terdapat pengaruh signifikan self-efficacy mahasiswa terhadap hasil belajar dengan koefisien korelasi parsial sebesar 0,471; (3) terdapat pengaruh signifikan kesiapan belajar mandiri matematika dan self-efficacy secara bersama-sama terhadap hasil belajar dengan koefisien regresi sebesar  0,590 dan koefisien determinan sebesar 34,8%.  
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023